ISTILAH- ISTILAH DALAM SEJARAH POLITIK DUNIA


GLOBE

ISTILAH- ISTILAH SEJARAH POLITIK DUNIA

Oleh: Ahlul Amalsyah     FISIP-HI UMY   20100510054

Buffer zone

Sebuah zona penyangga dibuat untuk menciptakan area pemisah antara yang bersangketa atau kekuatan agresif dan mengurangi resiko konflik baru juga disebut daerah pemisah atau BZ.

Aliansi

Persetujuan 2 negara atau lebih, baik rahasia atau terbuka tentang kebijakan keamanan dan militer.

Sphere influence

Sebuah wilayah yang menentukan dalam daya eksternal tunggal yang pengaruhnya dominan, membatasi kemerdekaan politik negara-negara yang lebih lemah.

Kongres berlin

Adalah pertemuan antara kekuatan besar eropa dan kekaisaran otoman negarawan terkemuka di berlin pada tahun 1878 yang dihadiri oleh 5 besar negara eropa saat itu yaitu rusia, inggris, francis, austria dan jerman tanggal 28 july 1878. Kongres berlin sendiri di adakan atas permintaan orang kuat jerman yaitu otto von bicmark.

Zero sum game

Suatu situasi dimana peserta dalam hal ini negara-negara pada masa balance of power satu negara yang memenangkan sebuah peperangan dapat memiliki seluruh kekuasaan terhadap negara yang kalah sehingga tidak memiliki apa-apa lagi.

Entente

Entente (dari persetujuan antara dua negara Perancis  “Perjanjian”) adalah nama yang diberikan kepada aliansi antara Inggris , Perancis dan Rusia setelah penandatanganan Entente Anglo-Rusia pada tahun 1907.

Détente

Pengurangan hubungan tegang, terutama dalam situasi politik. yang  merujuk pada pengurangan umum hubungan antara uni soviet dan amerika serikat pada tahun 1970-an, sebuah momen pecairan pada masa kira-kira di tengah perang dingin.

 

Perdamaian westphalia

Perdamaian Westfalen adalah serangkaian perjanjian yang mengakhiri Perang Tiga Puluh Tahun dan secara resmi mengakui Republik Belanda dan Konfederasi Swiss. Perjanjian ini ditandatangani pada 24 Oktober 1648 antara Kaisar Romawi Suci Ferdinand III, para pangeran Jerman lainnya, perwakilan dari Belanda, Perancis, dan Swedia.  disebut juga Münster dan Osnabrück.

Benito mussolini

seorang diktator italy  (lahir 29 Juli 1883 – meninggal 28 April 1945 pada umur 61 tahun). Ia adalah diktator Italia pada periode 1922-1943. Ia dipaksa mundur dari jabatan Perdana Menteri Italia pada 28 Juli 1943 setelah serangkaian kekalahan Italia di Afrika. Setelah ditangkap, ia diisolasi. Dua tahun kemudian, ia dieksekusi di Como, Italia utara. Mussolini mengakhiri sebuah dekade seperti di Jerman yang dilakukan diktator Adolf Hitler dengan Nazi-nya. mussolini seorang pencetus fasisme

Imperialisme

imperialisme ialah politik untuk menguasai (dengan paksaan) seluruh dunia untuk kepentingan diri sendiri yang dibentuk sebagai imperiumnya. “Menguasai” disini tidak perlu berarti merebut dengan kekuatan senjata, tetapi dapat dijalankan dengan kekuatan ekonomi, kultur, agama dan ideologi, asal saja dengan paksaan

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s